Bio Farma: Harga vaksin Covid-19 di Indonesia Rp200.000

Informasi yang sebelumnya beredar terkait harga vaksin di Brazil US$1,96 per dosis sudah dibantah oleh pihak Sinovac.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir memastikan harga untuk vaksin Covid-19 di Indonesia tidak akan memberatkan pemerintah. Diperkirakan kisaran harga vaksin Covid-19 berada pada rentang Rp200.000.

Hal tersebut disampaikan Honesti menanggapi kabar yang mengatakan Sinovac sudah menandatangani kontrak pengadaan vaksin dengan Brazil, yang akan menjualnya dengan harga US$1,96 atau setara Rp28.812 per dosis (kurs Rp14.700/US$).

Honesti melanjutkan, Brazil merupakan salah satu negara yang juga akan membeli vaksin Covid-19 dari Sinovac. Mengenai harga vaksin di Brazil yang keluar di media massa beberapa hari terakhir, dengan harga US$1,96 per dosis, sudah dibantah oleh pihak Sinovac melalui surat resmi yang dikirimkan ke Bio Farma.

“Informasi harga vaksin Covid-19 di Brazil, telah kami klarifikasi ke pihak Sinovac. Mereka sudah mengirimkan surat elektronik resmi ke Bio Farma, yang memastikan bahwa informasi dalam pemberitaan tentang kontrak pembelian 46 juta dosis dengan nilai kontrak US$90 juta dengan pemerintah Brazil tidak tepat, dan mengenai harga US$1,96 per dosis pun tidak tepat," ujarnya dalam siaran pers, Selasa (13/10). Apalagi, tambahnya, untuk biaya pengiriman vaksin tiap dosisnya saja sekitar US$2.

Dia melanjutkan, Bio Farma berkomitmen mendukung upaya pemerintah menghadirkan vaksin Covid-19 dengan harga yang terjangkau. Tujuannya, guna memberi perlindungan bagi penduduk Indonesia.