BP Tapera siapkan tawaran menarik bagi pengembang rumah MBR

Ada berbagai kriteria pengembang yang bisa mendapatkan beragam keuntungan yang diberikan BP Tapera.

BP Tapera menyiapkan berbagai tawaran menarik bagi pengembang yang membangun rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Dokumentasi Kementerian PUPR

Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) siap memberikan beragam keuntungan kepada pengembang yang membangun rumah tapera berkualitas dan tepat sasaran bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Salah satunya, akses data permintaan atas lokasi, profil, dan preferensi.

"Selain itu, adalah pengembang akan mendapatkan akses ke modal kerja yang bersumber dari dana yang dikelola oleh BP Tapera," ujar Direktur Pembiayaan Perumahan BP Tapera, Hari Sundjojo, dalam keterangannya, Senin (15/5).

Modal kerja yang akan diperoleh dari bank. Adapun sumber dananya dapat berasal dari penempatan dalam bentuk kontrak investasi kolektif (KIK) tanah untuk pengadaan tanah, KIK konstruksi guna pembangunan unit rumah, dan berkesempatan mengakses kredit perumahan rakyat (KPR) belum siap huni yang sedang disiapkan BP Tapera.

"Kami juga akan memberikan privileges kepada pengembang yang membangun rumah tapera dengan pencantuman (flagging) pada aplikasi Si Kumbang (Sistem Informasi Kumpulan Pengembang), Si Kasep (Sistem informasi KPR Subsidi Perumahan), dan Tapera Mobile. Akses demand, rating kualitas bangunan, serta kegiatan pemasaran bersama dengan corporate identity (CI), dan branding difasilitasi oleh BP Tapera," tuturnya.

Kendati demikian, tidak pengembang yang ingin berpartisipasi harus memenuhi kriteria tertentu. BP Tapera telah mengajukan kriteria pengembang yang akan digandeng dan meminta masukan asosiasi atas usulan tersebut.