BTN prediksi realisasi restrukturisasi kredit Juni capai Rp30 triliun

Diperkirakan melampaui dana tahap awal yang ditempatkan pemerintah ke bank umum sebesar Rp30 triliun.

Direktur Utama BTN Pahala Mansury. Alinea.id/dokumentasi

Bank Tabungan Negara (BTN) telah menjalankan restrukturisasi kredit bagi sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdampak Covid-19 sebesar Rp26 triliun, pada Mei 2020.

Direktur Utama BTN Pahala Mansury memperkirakan, pada Juni 2020 angka restrukturisasi kredit akan melonjak hingga Rp30 triliun, atau melampaui dana tahap awal yang ditempatkan pemerintah ke bank umum sebesar Rp30 triliun.

"Kalau kami di BTN sampai Mei lalu, kurang lebih sudah sekitar Rp26 triliun dan estimasi di akhir  Juni melampaui Rp30 triliun," katanya dalam konferensi video, Kamis (2/7).

Dia mengatakan, kelancaran pembayaran kredit di Bank BTN cukup berjalan dengan baik dan likuiditas bank masih terjaga karena 80% nasabahnya adalah masyarakat berpenghasilan tetap.

Namun demikian, dari total 80% tersebut, sebanyak 60% di antaranya merupakan nasabah berpenghasilan rendah (MBR), dan salah satu program utama BTN adalah menyalurkan kredit perumahan rakyat (KPR) bagi golongan MBR tersebut, yang sedikit terhambat karena pandemi.