Bukit Asam siap ekspor batu bara ke 3 negara

PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) telah membukukan komitmen pembelian batu bara high calorie value (HCV) dari Australia, Vietnam, dan Malaysia.

PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) menargetkan produksi batu bara kalori tinggi atau high calorie value (HCV) sebesar 3 juta ton pada 2020. / Antara Foto

PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) menargetkan produksi batu bara kalori tinggi atau high calorie value (HCV) sebesar 3 juta ton pada 2020. PTBA juga sudah mengantongi pemesanan 50% dari total produksi HCV di tahun depan.

Direktur Niaga PTBA Abid Ubaidillah HCV tersebut akan diekspor ke pasar Australia, Vietnam, dan Malaysia. Namun demikian, Abid mengaku perseroan menghindari ekspor HCV ke China karena sedang melakukan perang dagang dengan Amerika Serikat (AS).

"Ada ketidakpastian yang memang harus kita hindari," ujar Abid usai paparan kinerja PTBA di Jakarta, Senin (28/10).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin mengatakan pihaknya berencana akan memperbesar produksi HCV pada 2020 karena melihat permintaan yang masih baik dari premium market.

"Pangsa pasar yang akan kami jajaki untuk penjualan HCV tahun depan adalah ke Filipina, Bangladesh, Thailand, Taiwan, ini semua sudah dalam pipeline kita," kata Arviyan.