BUMDes di Buton Utara targetkan ekspor kopra putih

Untuk tahap awal, telah diekspor sebanyak 12 ton kopra putih dengan nilai total sebesar Rp110 juta dan akan meningkatkan menjadi 100 ton.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar berbicara dalam sebuah kegiatan, Jakarta, Senin (6/4). Foto Antara/HO/Humas Kemendes PDTT

Buton Utara, Sulawesi Tenggara menargetkan dapat mengekspor komoditas kopra putih hingga 100 ton per bulan atau senilai Rp1,2 miliar, untuk meningkatkan pendapatan daerah.

Target tersebut dijalankan langsung oleh Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) yang dibentuk oleh Bumdes setiap desa, kepada mitra mereka di luar negeri.

"Yang menarik, ekspor dijalankan langsung oleh Bumdesma kepada mitranya di luar negeri. Kali ini ekspor dilayangkan ke Cina, dan segera ditambah dengan ekspor ke India dan Bangladesh," kata Menteri Desa Abdul Halim Iskandar, dalam keterangan resmi, Minggu, (10/5).

Untuk tahap awal, telah diekspor sebanyak 12 ton kopra putih dengan nilai total sebesar Rp110 juta dan akan meningkatkan menjadi 100 ton di bulan-bulan berikutnya.

"Nilai eskpor saat ini berkisar di posisi Rp110 juta, namun pada bulan-bulan berikutnya akan meningkat di atas Rp1,2 miliar perbulan," ujarnya.