BI catat capital inflow hingga 16 Februari capai US$8,5 miliar

Kinerja positif itu dipengaruhi oleh ekspor yang kembali mencatat kenaikan sebesar 12,24% (yoy).

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Bank Indonesia (BI) mencatat, aliran masuk modal asing ke pasar keuangan domestik terus berlanjut. Hal itu terlihat dari investasi portofolio yang tercatat sebesar US$8,5 miliar dari Januari hingga 16 Februari 2021.

"Kinerja terkini menunjukkan aliran masuk modal asing ke pasar keuangan domestik terus berlanjut. Investasi portofolio mencatat net inflows sebesar US$8,5 miliar dari periode Januari hingga 16 Februari 2021," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam keterangan pers virtual, Kamis (18/2).

Di lain sisi, dia menjelaskan, neraca perdagangan pada Januari 2021 mencatat surplus sebesar US$1,96 miliar, melanjutkan surplus yang telah terjadi sejak Mei 2020. 

Kinerja positif itu dipengaruhi oleh ekspor yang kembali mencatat kenaikan sebesar 12,24% (yoy), ditopang terutama oleh permintaan dari China, Amerika Serikat, dan Jepang, serta kenaikan harga komoditas global. 

Oleh sebab itu, posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Januari 2021 tercatat sebesar US$138 miliar, setara dengan pembiayaan 10,5 bulan impor atau 10 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor.