Dapat modal dari Visa, Gojek tingkatkan sistem pembayaran

Visa menanamkan investasi ke Gojek sebagai bagian dari pendaan seri F.

Sejumlah pengemudi ojek daring menunggu penumpang. /Antara Foto

Perusahaan teknologi pembayaran digital, Visa, menanamkan investasi ke PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) yang merupakan bagian dari putaran pendanaan seri F.

Presiden Gojek Andre Soelistyo  mengatakan kolaborasi Gojek dengan Visa meliputi kerja sama dalam memajukan sistem pembayaran non-tunai dan menyediakan layanan seamless bagi konsumen di seluruh Indonesia dan Asia Tenggara yang belum tersentuh dunia perbankan.

“Investasi Visa untuk Gojek juga menunjukkan kepercayaan mereka atas bisnis model, kesungguhan, serta kemampuan Gojek dalam memajukan kehidupan banyak orang melalui berbagai layanan dan pembayaran digital di dalam ekosistem kami,” katanya dalam rilis resmi yang diterima Alinea.id, Rabu (17/7).

Dia mengatakan, inklusi keuangan di Asia Tenggara masih terus menjadi isu dan tantangan yang perlu segera diatasi. Di Indonesia sendiri, mirip dengan Vietnam, mayoritas transaksi masih terjadi secara tunai, dengan penetrasi layanan pembayaran digital yang masih sangat rendah.

“Jika disikapi dengan tepat, digitalisasi akan mampu mendorong kenaikan Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 9% sampai 14% di Asia Tenggara dengan ekonomi terbesar sekalipun,” ujarnya.