Darmin tepis BP Batam bubar

Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution memastikan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Batam atau BP Batam tidak bubar.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memastikan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Batam atau BP Batam tidak bubar.  / Antara Foto

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memastikan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Batam atau BP Batam tidak bubar. 

"Kenapa sih orang bilang dibubarkan? BP Batam ketuanya dirangkap oleh Wali Kota. Aneh lah kalau ada yang membayangkan (BP Batam) tidak ada," ujarnya saat ditemui dikantornya, Rabu (12/12) malam.

Menurutnya, pertimbangan atas BP Batam dirangkap oleh Wali kota supaya tidak ada dualisme. 

"Presiden-Wapres menganggap dualismenya belum selesai. Namanya dualisme, ya cara satu-satunya paling efektif dijadikan satu. BP Batam masih tetap ada. Tapi dirangkap dengan wali kota. Enggak bubar," imbuhnya. 

Sebelumnya, setelah mendengarkan informasi dari dunia usaha, keterangan dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu), pemerintah memutuskan akan menghapuskan dualisme di Batam. Dengan cara mengalihkan kewenangan yang selama ini melekat pada BP Batam kepada Pemerintah kota Batam