Destry sampaikan lima fokus jika menjabat sebagai DGS BI

Lima area strategis tersebut akan dikembangkan dalam lima tahun untuk mendukung tugas utama Bank Indonesia (BI). 

Calon Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia Destry Damayanti menyampaikan lima fokus area strategi yang diutamakan apabila resmi menjadi DGS./Foto: lps.go.id

Calon Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia Destry Damayanti menyampaikan lima fokus area strategi yang diutamakan apabila resmi menjadi DGS. Lima area strategis tersebut akan dikembangkan dalam lima tahun untuk mendukung tugas utama Bank Indonesia (BI). 

"LIma strategis tersebut, yaitu optimalisasi kebijakan yang bersifat akomodatif, pendalaman pasar keuangan, pengembangan sistem pembayaran. Lalu, pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, serta sinergi dengan berbagai pemangku kepentingan," ujar Destry saat menyampaikan pandangannya pada Rapat Dengar Pendapat Umum di Komisi XI DPR, Senin (1/7).

Pengoptimalan bauran kebijakan yang akomodatif dilakukan untuk menjaga stabilitas sistem keuangan dan pada saat yang sama mendorong pertumbuhan ekonomi. 

Pendalaman sektor keuangan menjadi penting, bukan hanya sebagai stabilitas ekonomi, tapi juga untuk mendukung pembiayaan pembangunan ekonomi di tengah terbatasnya sumber dana pemerintah. 

"Fakta yang ada menunjukkan sektor keuangan kita relatif dangkal, apabila dibandingkan dengan (negara) peer groups. Ini juga menyebabkan tingginya volatilitas sektor keuangan Indonesia," ujar Destry.