Diprediksi terjadi lonjakan penumpang dari Lombok usai MotoGP

Kemenhub pun telah berkoordinasi dengan stakeholder, termasuk operator, dalam menyiapkan penerbangan tambahan dan pembelian tiket langsung.

Sirkuit Mandalika, NTB, yang bakal menjadi lokasi penyelenggaran MotoGP pada Maret 2022. Foto Antara/Ahmad Subaidi

Diprediksi akan terjadi lonjakan pergerakan penumpang keluar dari Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Minggu (20/3) malam atau usai perhelatan MotoGP.

"Nanti malam, kemungkinan akan terjadi puncak pergerakan penumpang dari penonton MotoGP yang akan keluar dari Lombok," ucap Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, dalam keterangan tertulisnya, beberapa saat lalu.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun berkoordinasi dengan stakeholder, termasuk operator, untuk mengantisipasi lonjakan tersebut. Diharapkan ada persiapan pembelian tiket langsung (go show) pada hari keberangkatan.

"Memang sudah ada pesawat berbadan besar jenis Boeing 777 dari Garuda, tetapi itu saja tidak cukup," katanya. "Untuk itu, kami mempersiapkan tiket go show untuk rute Lombok-Bali karena di Mandalika hotel terbatas."

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang malam nanti, telah disiapkan 59 penerbangan tambahan (extra flight) dengan total 9.392 kursi. Perinciannya, 38 extra flight, 14 charter flight, dan tujuh positioning flight.