Ditargetkan beroperasi Desember, Pelabuhan Patimban dikebut

Pelabuhan Patimban diprediksi dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, meninjau proyek pembangunan Pelabuhan Patimban di Desa Patimban, Subang, Jawa Barat, Rabu (09/01/2019). Foto Antara.

Pemerintah tengah mengakselerasi pembangunan pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, sebagai proyek strategis nasional (PSN). Pelabuhan tersebut ditargetkan rampung November ini, dan dapat dioperasikan di Desember mendatang.

"Saya optimistis dapat menyelesaikan Patimban ini pada akhir November, diharapkan kami bisa mulai grand opening Desember, Insya Allah Presiden bisa hadir," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dalam diskusi online, Jumat (20/11).

Dia mengungkapkan, sebagai PSN, Pelabuhan Patimban diharapkan dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional di tahun-tahun mendatang. Pasalnya, Patimban akan dioperasikan sebagai pelabuhan internasional untuk mendorong perdagangan melalui produk ekspor Indonesia.

"Tujuannya menekan biaya logistik nasional, termasuk meningkatkan efisiensi ekspor produk Indonesia ke luar, khususnya otomotif," ujarnya.

Dia melanjutkan, target penurunan biaya logistik ini erat kaitannya dengan konsep hub dan spoke, karena pemerintah menginginkan menjadi hub terkemuka di kawasan ASEAN.