Menko Perekonomian optimistis ekonomi Indonesia tumbuh hingga 6% di triwulan IV-2021

Arilangga menjelaskan pihaknya mengaku senang dan optimistis karena pengeluaran PDB seluruhnya menunjukkan pertumbuhan positif.

Menteri Perekonomian Optimis Ekonomi Indonesia Akan Maju Secara Pesat

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto optimistis, ekonomi Indonesia akan tumbuh secara pesat pada triwulan IV-2021 di level 5-6% tahun depan.

"Kalau kita mau tumbuh di angka 4%  pada tahun ini, maka di triwulan keempat kita harus memacu menjadi sekitar 5% sampai 6 %," ujar Airlangga dalam acara BeritaSatu Economic Outlook 2022 secara daring di Jakarta, Senin, (22/11)

Airlangga juga memaparkan pertumbuhan mayoritas sektor utama tumbuh positif dan konsisten, terutama sektor informasi dan komunikasi sebesar 5,51 % , jasa kesehatan 14%, pertanian 1,31%, real estate 3,42% dan sektor pengolahan yang tumbuh 3,68 % dibantu oleh insentif pajak penjualan barang mewah (PPnBM) di sektor otomotif yang juga membuat rantai pasokan bergerak di mana peningkatan ini dibantu oleh insentif pajak pertambahan nilai (PPN), kemudian pajak ditanggung pemerintah (DTP) yang berhasil menggerakkan dari 170 sektoral.

"Diperkirakan tahun ini penjualan otomotif bisa kembali ke angka 850.000 dan ekspornya diharapkan bisa meningkat ke angka 300.000," pungkas Menko Airlangga.

Dia menambahkan meskipun selama pandemi sempat menurun pada triwulan III, pihaknya memprediksi konsumsi rumah tangga akan kembali meningkat pada triwulan IV-2021. Begitupun dengan konsumsi pemerintahan.