Ekspansi bisnis, BTN akuisisi anak usaha PNM

Selanjutnya BTN akan mengakuisisi asuransi jiwa, asuransi umum, dan perusahaan pembiayaan demi perluasan bisnis.

Bank BTN mengakuisisi anak usaha PNM.Soraya/Alinea

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk bakal mengakuisisi saham salah satu BUMN yang bergerak di bidang pembayaran usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK) yakni PT Permodalan Nasional Madani (Persero).

Tepatnya, BTN akan membeli 33.000 lembar saham atau setara 30% saham anak usaha PNM, yakni PT Permodalan Nasional Madani Investment Management (PNM-IM). Dari aksi pembelian ini, BTN mengeluarkan dana senilai Rp114,3 miliar.

Adapun langkah akuisisi merupakan bagian dari Rencana Bisnis Bank (RBB) BTN periode 2019-2021 yaitu merealisasikan target ekspansi perseroan untuk memperluas cakupan bisnisnya terutama di bidang manajemen investasi. 

"Kami ingin memperluas cakupan bisnis kami terutama untuk meningkatkan kinerja bisnis dan menyukseskan Program Satu Juta Rumah," ujar Maryono dalam acara Penandatanganan Perjanjian Bersyarat Pembelian Saham PNMIM antara Bank BTN dengan PNM di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Senin (22/4). 

Maryono menjelaskan dengan hadirnya anak usaha anyar tersebut, perseroan bakal lebih leluasa menghimpun dan menyediakan dana murah jangka panjang.