Apresiasi pengekspor, Mendag anugerahkan penghargaan Primaniyarta 2022 pada eksportir

Penghargaan Primaniyarta diharapkan dapat mendorong peningkatan jumlah eksportir dalam negeri dan menumbuhkan ekspor yang berdaya saing.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan dalam laporan kerjanya kepada Presiden Jokowi dalam acara Trade Expo Indonesia, Rabu (19/10/2022). Tangkapan Layar/Alinea.id/Erlinda PW

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengungkapkan, ekspor Indonesia ke berbagai negara di dunia merupakan kunci Indonesia sebagai negara maju pada 2045. Para eksportir, menurut Zulhas, termasuk para peraih penghargaan Primaniyarta, merupakan pejuang Merah Putih yang menjadikan negara Indonesia maju.

Hal ini disampaikan Mendag Zulkifli Hasan saat membuka acara Business Gathering Primaniyarta 2022 bertempat di Auditorium Gedung Utama Kementerian Perdagangan, Jakarta, pada Kamis (15/12).

"Acara ini merupakan bentuk simbolis penghormatan terhadap Pejuang Ekspor. Indonesia mempunyai visi 2045 menjadi negara maju dan pejuang ekspor ini yang menjadikan Indonesia sebagai negara maju," kata Zulhas dikutip dari keterangan resminya, Kamis (15/12).

Di tengah ketidakpastian perekonomian global dan tren pertumbuhan ekonomi yang cenderung menurun, perkonomian Indonesia masih menunjukkan pertumbuhan. Pada triwulan III 2022 ekonomi Indonesia tumbuh 5,72%. Neraca Perdagangan Indonesia juga surplus pada Januari-Oktober 2022 mencapai US$45,52 miliar.

"Hal ini bisa dicapai karena pejuang ekspor. Jadi tidak berlebihan, Kemendag memberikan penghargaan kepada pelaku ekspor," kata Zulhas.