Perbaiki supply chain, Erick Thohir dorong BUMN kerja sama dengan Kemenlu

Indonesia mulai mendorong pertumbuhan hilirisasi dengan berbagai sumber daya alamnya untuk menciptakan nilai tambah yang lebih besar.

Menteri BUMN Erick Thohir hadir sebagai pembicara dalam acara Business Meeting BNI 2021 dan BNI Transformation Kick Off 2021 (27/1/2021). Foto bumn.go.id

PT Pertamina melakukan penandatanganan kerja sama dengan Kementerian Luar Negeri dalam rangka memperbaiki suplai chain atau rantai pasok energi nasional. Penandatanganan tersebut dipantau langsung Menteri BUMN Erick Thohir.

Erick mengatakan, kerja sama tersebut semakin mempererat koordinasi dan sinergi antara kedua kementerian dalam mendorong upaya pemerintah untuk menjangkau pasar perdagangan Indonesia yang lebih luas.

"Alhamdulillah kerja sama Kementerian BUMN dengan Kemenlu berjalan terus luar bisa. Sesuai arahan presiden, Kemenlu telah mengalami perubahan penugasan. Salah satunya bagaimana Kemenlu menjadi ujung tombak dalam pembukaan kesempatan negara kita untuk memperbaiki supply chain," katanya, Kamis (28/1).

Dalam kerja sama tersebut Pertamina mendapatkan penugasan yang cukup berat, yaitu memperbaiki rantai pasok energi Indonesia di pasar internasional.

Pasalnya, Indonesia mulai mendorong pertumbuhan hilirisasi dengan berbagai sumber daya alamnya untuk menciptakan nilai tambah yang lebih besar, setelah sebelumnya lebih banyak mengekspor barang mentah.