Erick Thohir: Warung Pangan ekosistem baru untuk bangun UMKM

Aplikasi Warung Pangan ini, dibuat untuk memperbaiki ekosistem pangan melalui kerja sama 'end to end' seluruh stakeholder.

Menteri BUMN Erick Thohir. Foto bumn.go.id

Produk BUMN Klaster Pangan dan PTPN, masuk ke dalam etalase produk aplikasi warung pangan. Warung pangan merupakan aplikasi digital untuk masyarakat yang dibuat oleh PT BGR Logistics. Aplikasi ini menggerakkan ekonomi nasional dengan melibatkan masyarakat, di mana kini sudah diakses oleh 30.000 pengguna.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, kondisi pandemi Covid-19 memaksa berbagai sektor untuk beralih dan memanfaatkan digitalisasi. Dengan begitu, di sektor bisnis terjadi transparansi dan pasar terbuka.

Dengan adanya ekosistem baru yaitu Warung Pangan, sangat sejalan dengan yang selalu dia tekankan, bahwa Kementerian BUMN sangat mendorong agar keberadaan BUMN dekat dengan rakyat, membangun UMKM, dan membangun lapangan kerja. 

Dalam penjabarannya, Erick Thohir juga menjelaskan, dengan efisiensi yang luar biasa dan awalnya ditentang, namun hari ini sebuah BUMN dapat membuktikan dengan kenaikan kinerja hingga 19%.

"PTPN dengan efisiensi luar biasa dan awalnya ditentang tetapi hari ini bisa membuktikan refinery nya itu Rp23 triliun, sekarang naik 19%. Bottom line nya yang diprediksi rugi Rp1,4 triliun sekarang untung Rp 1,2 triliun," jelas dia.