Garuda Indonesia sediakan ruang 1 ton per penerbangan untuk produk ekspor UMKM

Garuda Indonesia mengenakan diskon 50% untuk produk ekspor UMKM.

Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia. Foto dokumentasi Garuda Indonesia.

PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) dan Kementerian Koperasi dan UKM sepakat untuk menyediakan ruang khusus berkapasitas 1 ton per penerbangan di pesawat Garuda Indonesia untuk produk-produk ekspor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, kesepakatan ini merupakan bentuk komitmen perseroan untuk mendukung pengembangan produk UMKM menuju pasar ekspor.

"Kami belum sign (tanda tangan perjanjian), tapi sudah sepakat. Kami bikin UMKM Bag, kami sediakan 1 ton per penerbangan untuk produk UMKM," kata Irfan dalam webinar 500K Eksportir Baru, Selasa (20/4).

Irfan menjelaskan, kesepakatan tersebut terjalin setelah dirinya bertemu dengan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Menurutnya, pemerintah perlu membuat semacam perlakuan khusus bagi produk UMKM yang disebutnya dengan UMKM Bag.

UMKM Bag terinspirasi dari istilah diplomatic bag dalam perjanjian internasional, yang merupakan wadah dengan perlindungan hukum tertentu untuk membawa misi diplomatik dari suatu negara.