Gibran ajak UMKM Surakarta migrasi ke digital

"Ini bukan pilihan, ini kewajiban. Kalau enggak, ya, pasti mati.”

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, dalam webinar Gerakan Bangkita Bersama GoTo, Kamis (30/9/2021). Tangkapan layar Zoom/Alinea.id/Siti Nurjanah

Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta, Jawa Tengah (Jateng), mengajak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayahnya untuk migrasi ke digital dalam menjalankan bisnisnya. Langkah tersebut diklaim sebagai keharusan agar bisnis dapat terus eksis, apalagi di tengah pandemi Covid-19.

"Di tengah pandemi seperti ini, kita mau tidak mau harus go digital. Ini bukan pilihan, ini kewajiban. Kalau enggak, ya, pasti mati,” ucap Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming, dalam webinar Gerakan #BangkitBersama, Kamis (30/9).

Gerakan Bangkit Bersama diinisiasi GoTo, grup teknologi yang terdiri dari Gojek, GoTo Financial, dan Tokopedia. Dalam webinar tersebut turut dilakukan peresmian GoTo UMKM Center & Kampus UMKM bersama OJK.

Menurut putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu, sekarang adalah waktu yang tepat untuk migrasi, terutama dalam mendukung pemulihan ekonomi. Alasannya, capaian vaksinasi, salah satu upaya meminimalisasi penularan Covid-19, telah melampaui target.

“Capaian vaksinasi di Kota Solo ini sudah 117%. Ini waktunya momen yang tepat untuk segera melakukan percepatan pemulihan ekonomi," katanya.