Harga minyak melonjak usai serangan kilang Arab Saudi

Harga minyak dunia menyentuh level tertinggi sejak Mei 2019.

Harga minyak dunia melonjak pada perdagangan Senin pagi (16/9). / Antara Foto

Harga minyak dunia melonjak pada perdagangan Senin pagi (16/9). Harga minyak juga mencapai level tertinggi sejak Mei 2019. Kenaikan harga terdampak serangan terhadap fasilitas minyak Arab Saudi pada Sabtu (14/9) yang memotong lebih dari 5% pasokan minyak global.

Pada pembukaan pasar, minyak mentah Brent melonjak 19% menjadi US$71,95 per barel, sementara harga West Texas Intermediate naik 15% menjadi US$63,34 per barel.

Harga berkurang dari puncaknya setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan ia menyetujui pelepasan minyak dari Cadangan Minyak Strategis AS (SPR) jika diperlukan dalam jumlah yang akan ditentukan karena serangan terhadap fasilitas Arab Saudi.

Raksasa minyak negara Saudi Aramco mengatakan serangan itu memangkas produksi sebesar 5,7 juta barel per hari. Hal ini juga bertepatan dengan usaha Aramco untuk mencapai penjualan saham terbesar di dunia.

Aramco tidak memberikan batas waktu untuk dimulainya kembali produksi. Sumber Reuters mengatakan bahwa untuk mengembalikan kapasitas minyak penuh, bisa memakan waktu berminggu-minggu, atau bukan dalam hitungan hari.