Peringatan Hari Perkebunan ke-63, Mentan minta perkebunan jadi perhatian

Peringatan Hari Perkebunan merupakan hari bersejarah bagi perkembangan modernisasi pertanian Indonesia.

, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memberikan sambutan dalam peringatan Hari Perkebunan ke-63 di Serpong, Tangerang Selatan, KamisĀ (10/12/2020). Foto Humas Kementerian Pertanian

Kementerian Pertanian (Kementan) menyelenggarakan peringatan Hari Perkebunan ke-63 di Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (10/12). Acara yang digelar tahun ini mengusung tema Optimalisasi Ekspor Perkebunan dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional.

Dalam kesempatan ini, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, peringatan Hari Perkebunan merupakan hari bersejarah bagi perkembangan modernisasi pertanian Indonesia.

"Peringatan ini juga sebagai bentuk apresiasi kepada para petani dan pekebun di Indonesia. Sebab selama ini, subsektor perkebunan mampu memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan pendapatan negara. Karena itu subsektor perkebunan harus menjadi perhatian bersama," katanya.

Peringatan Hari Perkebunan dilaksanakan di tengah kondisi pandemik Covid-19 dalam suasana penuh keprihatinan dan kondisi ekonomi nasional dan dunia, sedang mengalami kontraksi ekonomi yang sangat dalam. Sehingga berdampak pada dunia kesehatan maupun perekonomian nasional yang sangat nyata pada seluruh aspek kehidupan.

"Pandemi  Covid-19 berdampak besar pada dunia usaha bahkan sejumlah negara mengalami resesi perekonomian yang mengakibatkan merosotnya pendapatan, jumlah lapangan kerja serta penjualan retail menurun dan terpuruknya industri manufaktur," ucap Syahrul.