HBA batu bara melonjak, ini upaya PLN agar pasokan tak seret lagi

PLN telah melakukan perubahan paradigma dalam monitoring dan pengendalian pasokan batu bara.

Ilustrasi PLN. Foto PLN.co.id

PT PLN (Persero) melakukan beberapa upaya untuk menjaga pasokan batu bara tetap aman di tengah kenaikan Harga Batu bara Acuan (HBA). Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi mengatakan pengamanan pasokan batu bara untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dilakukan secara berlapis.

Menurutnya PLN telah melakukan perubahan paradigma dalam monitoring dan pengendalian pasokan batu bara. Dari yang mulanya berfokus pada pengawasan di titik bongkar (estimated time of arrival/ETA) menjadi berfokus di titik muat/loading.

"Dengan ini maka jika ada potensi kegagalan pasokan karena ketersediaan batu bara maupun armada angkutannya, akan dapat dideteksi lebih dini dan corrective action dapat dilakukan as early as possible sehingga kepastian pasokan dapat lebih terjaga," ungkapnya kepada Alinea.id, Rabu (09/2).

Langkah pengawasan, kata Agung, tidak hanya dilakukan secara fisik di lapangan. Namun juga monitoring secara digital antara sistem PLN dengan sistem di Dirjen Minerba ESDM.

"Sistem ini memberikan informasi target loading dan terintegrasi dengan sistem di Direktorat Jenderal Mineral dan Batu bara Kementerian ESDM yang mencatat realisasi loading dari setiap pemasok," jelasnya.