HIPMI harap reshuffle kabinet beri semangat baru bagi dunia usaha

Dua dari 6 menteri baru merupakan mantan pengurus HIPMI.

Istana Merdeka, DKI Jakarta, Agustus 2019. Google Maps/Yuli Yanti

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) berharap, penunjukan enam menteri anyar Kabinet Indonesia Maju memberikan harapan baru bagi pemulihan ekonomi nasional.

Ketua Umum BPP HIPMI, Mardani H. Maming, mengatakan, perlu adanya percepatan untuk membangkitkan perekonomian Indonesia mengingat mengalami resesi pada kuartal III-2020.

“Saya berharap ada kebijakan-kebijakan yang bisa memberikan semangat baru dalam dunia usaha agar bisa menekan tingginya pengangguran dan bisa berdampak untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia," ujar Mardani dalam keterangan resminya, Selasa (22/12) malam.

Menurutnya, keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadikan kader terbaik HIPMI sebagai menteri sudah tepat. Penunjukan dua kader HIPMI sebagai menteri disebut akan menjadi energi baru pemerintah.

“Saya rasa ini keputusan yang tepat untuk menghadapi bonus demografi dan pandemi Covid-19. Ini akan menjadi energi baru untuk pemerintahan Pak Jokowi di periode kedua karena kondisi sekarang butuh energi anak muda," kata dia.