sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

HIPMI harap reshuffle kabinet beri semangat baru bagi dunia usaha

Dua dari 6 menteri baru merupakan mantan pengurus HIPMI.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Rabu, 23 Des 2020 09:09 WIB
HIPMI harap <i>reshuffle</i> kabinet beri semangat baru bagi dunia usaha

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) berharap, penunjukan enam menteri anyar Kabinet Indonesia Maju memberikan harapan baru bagi pemulihan ekonomi nasional.

Ketua Umum BPP HIPMI, Mardani H. Maming, mengatakan, perlu adanya percepatan untuk membangkitkan perekonomian Indonesia mengingat mengalami resesi pada kuartal III-2020.

“Saya berharap ada kebijakan-kebijakan yang bisa memberikan semangat baru dalam dunia usaha agar bisa menekan tingginya pengangguran dan bisa berdampak untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia," ujar Mardani dalam keterangan resminya, Selasa (22/12) malam.

Menurutnya, keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadikan kader terbaik HIPMI sebagai menteri sudah tepat. Penunjukan dua kader HIPMI sebagai menteri disebut akan menjadi energi baru pemerintah.

“Saya rasa ini keputusan yang tepat untuk menghadapi bonus demografi dan pandemi Covid-19. Ini akan menjadi energi baru untuk pemerintahan Pak Jokowi di periode kedua karena kondisi sekarang butuh energi anak muda," kata dia.

Adapun dua orang kader HIPMI tersebut adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dan Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi.

Adapun kader HIPMI lainnya yang sudah lebih dahulu berada di kabinet adalah Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia dan Menteri BUMN, Erick Thohir.

“Kita bisa berharap adanya perubahan yang akan dibawa melalui kebijakan mereka nanti. Insyallah, akan mendorong perekonomian nasional dan melahirkan lapangan pekerjaan seluas-luasnya," tutur Mardani.

Sponsored

Presiden Jokowi mengumumkan enam menteri terbaru Kabinet Indonesia Maju saat telekonferensi dari Istana Merdeka, Jakarta, kemarin. Mereka adalah Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial, Sandi Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Wahyu Sakti Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, M. Luthfi sebagai Menteri Perdagangan, dan Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama.

Berita Lainnya