Ibu Negara ikut melelang koleksi pribadinya

Setidaknya 266 orang mendaftarkan diri menjadi peserta lelang yang diselenggarakan untuk memperingati 110 tahun Lelang Indonesia itu.

Setidaknya 266 orang mendaftarkan diri menjadi peserta lelang yang diselenggarakan untuk memperingati 110 tahun Lelang Indonesia itu. / Cantika Adinda

Lelang sukarela barang milik pejabat mendapatkan respon masyarakat. Setidaknya 266 orang mendaftarkan diri menjadi peserta lelang yang diselenggarakan untuk memperingati 110 tahun Lelang Indonesia itu.

Pada kesempatan itu, peserta lelang pun mendapatkan kejutan. Selain melelang sejumlah koleksi pribadi Wakil Presiden dan istri, sejumlah Menteri, pejabat teras di Kementerian Keuangan dan direksi bank BUMN, ternyata ada dua barang milik istri Presiden Jokowi yang juga ikut dilelang.

Iriana Jokowi melelang dua kain tradisional kesayangannya dari Solo. Berupa selendang berwarna hijau dan kain jarik berwarna hitam bermotif batik. Panitia baru mendapatkan informasinya setelah pendaftaran lelang selesai. Akibatnya dua barang tersebut tidak bisa dimasukkan ke katalog barang yang dilelang. Panitia penyelenggara pun menjualnya secara spontan diakhir acara.

Sontak informasi tersebut membuat peserta lelang menjadi bersemangat mengikuti lelang hingga selesai. Kain jarik milik istri Presiden termasuk koleksi yang diminati peserta lelang dan laku dengan penawaran cukup tinggi yakni Rp19,050 juta sedangkan kain selendang milik Iriana mendapatkan penawaran Rp10 juta.

Sementara itu, gitar akustik berwarna coklat-kuning milik Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mendapatkan penawaran tertinggi dari peserta lelang, yakni Rp20 juta oleh James Johanes (45). "Saya tidak melihat barang milik siapa yang mau dibeli , tujuan saya untuk sosial saja," kata Johanes yang mengaku pengusaha ini.