sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Lelang koleksi pejabat, baju pelantikan hingga barang kesayangan

54 barang akan dilelang, mulai dari pakaian, sepatu, sepeda, lukisan, jam tangan, kain tenun, dan sebagainya

Cantika Adinda
Cantika Adinda Senin, 26 Feb 2018 23:40 WIB
Lelang koleksi pejabat, baju pelantikan hingga barang kesayangan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 123503
Dirawat 38539
Meninggal 5658
Sembuh 79306

Mungkin tidak setiap waktu pejabat tinggi negara seperti Wakil Presiden, sejumlah menteri di kabinet dan pejabat eselon I dari Kementerian Keuangan melelang koleksi dan barang mereka. Tidak tanggung -tanggung, ada 54 barang yang akan dilelang, mulai dari pakaian, sepatu, sepeda, lukisan, jam tangan, kain tenun, dan sebagainya. Realisasi penjualan dari lelang tersebut akan disalurkan untuk sektor pendidikan.

Dalam lelang yang dilaksanakan pada 28 Februari di Gedung Galeri Nasional Indonesia itu,Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Mufidah Jusuf Kalla menjadi penyumbang barang koleksi terbanyak untuk dilelang, yakni 21 produk. Di antaranya adalah barang koleksi pribadi Wakil Presiden berupa sepatu merk JK Collection, ukuran 39, warna hitam. Serta satu stel barang koleksi pribadi sang istri, Mufidah Jusuf Kalla berupa baju muslim sutera warna merah bercorak bunga, ukuran S.

Tidak kalah menarik adalah barang koleksi yang dilelang Menteri BUMN, Rini Mariani Soemarno. Berupa baju batik tulis lengan panjang, rancangan Obin Batik bermotif parang dengan bahan sutera halus, ukuran S, warna coklat, kondisi sangat bagus. Baju ini pernah dipakai Rini pada saat pelantikan Kabinet Kerja pada beberapa tahun lalu.

Seakan tidak mau kalah, Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun melelang koleksi kesayangannya. Barang koleksi pribadi Retno Lestari yang dilelang berupa topi piknik floppy hat, diameter 43 cm, warna coklat kombinasi hitam, kondisi bagus. Retno memang gemar menggunakan topi, ini adalah salah satunya yang didapat dari Amerika Latin. Topi ini sering dipakai oleh Retno saat bepergian ke dalam dan luar negeri.

Satu buah barang koleksi pribadi Sri Mulyani Indrawati juga dilelang. Berupa baju batik tulis lengan panjang motif bunga, merk Nena, ukuran M. Baju batik ini juga merupakan kesayangan Sri Mulyani dan sering dipakai selama dia menjalankan tugasnya sebagai Menteri Keuangan.

Beberapa Menteri yang juga melelang koleksi pribadinya adalah Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, Menteri Agraria dan Tata Ruang Kepala BPN Sofyan A Djalil, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, dan Menteri Perhubungan Budi Karya.

Selain itu, ada juga pejabat eselon I Kemenkeu yang juga melelang barang pribadinya. Misalkan saja Sekretaris Jenderal Hadiyanto, Dirjen Pajak Robert Pakpahan, Direktur Bea dan Cukai Heru Pambudi, Dirjen Perbendaharaan Marwanto, Dirjen Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata, Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Luky Alfirman, hingga Dirjen Perimbangan Keuangan Boediarso.

Direktur Lelang DJKN Kemenkeu Lukman Effendi memaparkan acara lelang tersebut akan digelar mulai pukul 10.00 WIB. Pelelangan koleksi pejabat negara ini dilakukan dalam rangka memperingati 110 tahun Lelang Indonesia. 

Sponsored

Fungsi lelang bukan hanya dalam hal mengumpulkan penerimaan negara tetapi juga sebagai salah satu sarana penuntasan masalah hukum, masalah Non Performing Loan (NPL) di perbankan. Dalam konteks yang lebih besar lelang menjadi bagian dari perekonomian Indonesia yang lebih maju.

"Peringatan 110 tahun juga dimaksudkan sebagai wahana untuk memperkenalkan lelang sebagai salah satu mekanisme jual beli yang aman, transparan, objektif, kepastian hukum, dan kompetitif," terang Lukman, di Kemenkeu, Senin (26/2). Nah, tertarik ikut lelang? 
 

Berita Lainnya