IHSG dibuka melemah terdampak peringkat utang Indonesia

Rating and Investment Information Inc (R&I) meningkatkan peringkat utang luar negeri Indonesia menjadi BBB+.

Ilustrasi. Foto Antara.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah 0,85% kel level 4.418 pada pembukaan perdagangan Rabu (18/3).

Sentimen hari ini datang dari Rating and Investment Information Inc (R&I) yang meningkatkan peringkat utang luar negeri Indonesia menjadi BBB+ dengan outlook stabil (investment grade) pada 17 Maret 2020.

Riset harian MNC Sekuritas mengatakan upgrade tersebut didasarkan atas penilaian R&I tentang kebijakan pemerintah Indonesia yang dinilai dapat memperkuat pertumbuhan ekonomi melalui strategi yang menjaga defisit fiskal, mempertahankan rasio utang pada tingkat yang rendah, serta menjaga cadangan devisa yang relatif cukup untuk utang luar negeri jangka pendek.

Sementara itu, Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Nico Demus mengatakan wabah coronavirus memang dapat menekan perekonomian Indonesia pada 2020 sehingga berpotensi untuk berada di bawah 5%. Namun, R&I menilai bahwa ekonomi Indonesia dapat segera pulih karena kekuatan didukung oleh lingkungan politik yang stabil.

"Tahun 2020 kemungkinan besar deficit anggaran Indonesia akan mengalami kenaikkan di atas target Pemerintah. Namun R&I meyakini bahwa kenaikkan deficit tersebut tidak akan mempengaruhi peringkat kredit," kata Nico, Rabu (18/3).