Implementasikan BIM, Jakpro sabet ISO 19650 part 1-3

Proses sertifikasi dilakukan CBQA Global Indonesia dalam 2 sesi audit di beberapa lokasi pada 2022.

Maket Jakarta International Stadium (JIS) yang dibangun PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro, Jakarta, Februari 2020. Google Maps/mac. Armand

PT CBQA Global Indonesia memberikan sertifikat ISO 19650 Building Information Modelling (BIM) part 1, 2, dan 3 kepada PT Jakarta Propertindo (Perseroda). Perusahaan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta ini menjadi pemilik proyek (project owner) pertama di Asia Tenggara yang mengantongi pengakuan tersebut.

CBQA Global adalah lembaga sertifikasi, audit, dan pelatihan terpercaya untuk perusahaan nasional maupun internasional. Sertifikat ISO 19650 BIM part 1, 2, dan 3 diberikan karena Jakpro dinilai konsisten mengimplementasikan BIM pada proyek konstruksi dan pengelolaan aset.

Penghargaan secara simbolis diserahkan Direktur Utama PT CBQA Global Indonesia, Yessiva, kepada Direktur Utama Jakpro, Iwan Takwin, di Velodrome, Jakarta Timur, pada Rabu (11/1). Kegiatan turut dihadiri direktur anak usaha dan karyawan Jakpro.

"Kami berharap sertifikasi ini dapat memberikan motivasi lebih kepada Jakpro untuk dapat secara konsisten berinovasi dan bertransformasi digital menjadi BUMD yang semakin unggul, khususnya pada BIM dan digital konstruksi, dalam membangun infrastruktur Jakarta untuk Indonesia yang lebih maju," tutur 

Sertifikat ini merupakan standar BIM internasional yang bertujuan mengonsolidasikan, tata cara, fungsi, metode terhadap implementasi manajemen informasi dengan menggunakan BIM. Adapun BIM adalah penggunaan model digital sebagai representasi dari aset yang dibangun untuk memfasilitasi proses desain, konstruksi, dan proses operasi atau pemeliharaan sebagai informasi yang dapat diandalkan dalam pengambilan keputusan. BIM diterapkan sebagai satu kesatuan pelaksanaan engineering secara digital.