Impor minyak mentah Pertamina turun 35%

Komposisi impor dibandingkan lifting domestik mencapai sekitar 25% banding 75%.

Pertamina (Persero) telah menekan impor minyak mentah hingga turun 35% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 339.000 barel per hari (MBPD). / Antara Foto

Pertamina (Persero) telah menekan impor minyak mentah hingga turun 35% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 339.000 barel per hari (MBPD).

Pada tahun ini, Pertamina membeli minyak mentah dan kondensat dalam negeri untuk membantu penyerapan produksi nasional lebih optimal.

Berdasarkan data dari Pertamina, hingga 2 Agustus 2019, total kesepakatan pembelian minyak mentah dan kondensat dari Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) mencapai 123.600 barel minyak mentah per hari (MBCD) dari 39 KKKS.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menjelaskan total kesepakatan pembelian minyak mentah dan kondensat dari KKKS dalam negeri ini meningkat sangat signifikan dibanding tahun 2018.

“Dari total volume tersebut, kami mengoptimalkan pasokannya sesuai dengan kebutuhan, jenis dan volume, serta kesepakatan bisnis yang dicapai,” ujarnya di Jakarta, Selasa (13/8).