Impor terus, pemerintah janji swasembada bawang putih 2022

Harga bawang putih yang terus melambung hingga Rp100.000 per kilogram membuat pemerintah bertekad swasembada pada 2022.

Diskusi Forum Merdeka Barat di Kemenkominfo. Alinea.id/Nanda Aria

Pemerintah bertekad mencapai swasembada bawang putih pada tahun 2022. Ketergantungan yang tinggi pada bawang putih impor membuat harga bawang putih terus melambung bahkan hingga Rp100.000 per kilogram.

Kenaikan harga bawang putih yang terus meningkat di berbagai pasar tradisional dan modern terus menjadi sorotan publik. Harga tertinggi bahkan menyentuh angka Rp100.000 per kilogram.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi mengatakan saat ini harga bawang putih sudah berada dalam kendali pemerintah. Ia mengatakan, pemerintah telah mengimpor 115.000 ton bawang putih untuk disebar ke seluruh Indonesia.

“Jadi sudah tercukupi kebutuhan akan bawang putih, sudah tidak ada lagi yang perlu dikhawatirkan,” kata Agung dalam diskusi Forum Merdeka Barat, di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Senin (13/5).

Saat ini, jelas Agung, 90% dari pasokan bawang putih yang tersebar di pasar modern dan tradisional dipenuhi oleh bawang putih impor. Namun demikian ia menyatakan, saat ini pemerintah sudah melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi ketergantungan impor tersebut.