Indef: Sektor pertanian didukung permintaan yang lebih stabil

Sektor pertanian nasional di kuartal III-2020 tumbuh hingga mencapai 2,15%.

Ilustrasi petani sedang menanam. Foto Pixabay.

Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Ahmad Tauhid mengapresiasi tumbuhnya sektor pertanian nasional di kuartal III-2020 hingga mencapai 2,15%. Menurut Tauhid, angka tersebut memiliki nilai yang sangat luar biasa karena disaat bersamaan sektor lainya tengah dalam kondisi menurun.

"Saya kira ini hal yang sangat positif di tengah sektor-sektor lainnya tumbuh negatif meskipun belum normal sepenuhnya," ujar Tauhid, Sabtu, (7/11).

Tauhid mengatakan, semua capaian positif ini jika dilihat secara tahunan (y on y) maupun secara kuartalan (q to q), selalu didukung oleh banyaknya permintaan kebutuhan pada komoditas hortikultura dan perkebunan baik untuk pasar dalam negeri maupun ekspor.

"Sektor pertanian selalu didukung permintaan yang lebih stabil, terutama pada komoditas hortikultura dan perkebunan, baik pasar dalam negeri maupun ekspor," katanya.

Meski demikian, Tauhid meminta agar pemerintah segera membenahi dan memperbaiki kondisi kontraksi pada subsektor peternakan dan perikanan yang turun akibat melemahnya permintaan sektor hotel, restoran dan rumah makan.