Indonesia ekspor antigen rapid test cassette ke Thailand dan Irlandia

Produk rapid test swab antigen PT Taishan Alkes Indonesia telah mendapatkan izin edar Alat Kesehatan Dalam Negeri (AKD) dari Kemenkes.

Ilustrasi, pengiriman barang untuk kebutuhan ekspor. Foto Pixabay

PT Taishan Alkes Indonesia melakukan ekspor produk Covid-19 antigen rapid test cassette ke Thailand dan Irlandia, pada Selasa (7/9).

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, hal ini menunjukkan bahwa daya saing produk kesehatan Indonesia, dari sisi quality, cost, dan delivery dapat bersaing di pasar internasional.

“Harga dari produk Taishan ini sangat kompetitif untuk di pasar domestik dibanding produk impor. Ini membawa nilai tambah tersendiri bagi konsumen,” ujar Agus pada acara Peresmian Ekspor Produk Covid-19 Antigen Rapid Test Cassette PT Taishan Alkes Indonesia ke Negara Thailand dan Irlandia yang dilaksanakan di Jakarta, Selasa (7/9).

Menperin berharap, kegiatan ekspor ini menjadi awal yang baik bagi industri alat kesehatan dalam negeri untuk memperluas pasar hingga ke mancanegara. 

PT Taishan Alkes Indonesia telah menanamkan investasinya di bidang alat kesehatan untuk menghasilkan produk Antigen Rapid Test Cassette dengan kapasitas produksi sebesar 1,2 juta pcs per hari dan menyerap tenaga kerja hingga 1.000 orang.