Industri jasa pengiriman raup berkah di penghujung tahun

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) meramal industri logistik Indonesia tumbuh sebesar 5% hingga 8% pada tahun 2023. 

Ilustrasi jasa pengiriman. Foto Freepik.

Industri jasa pengiriman meraup berkah menjelang tutup tahun. Plaform pengiriman on-demand Lalamove memprediksi permintaan pengiriman akan meningkat lebih dari 50% pada momen Natal dan pergantian tahun. 

Meningkatnya permintaan terjadi seiring banyaknya event di penghujung tahun. Konsumen bergantung pada platform untuk memfasilitasi transportasi logistik acara penting seperti kebutuhan dekorasi dan katering. 

"Naiknya permintaan tidak hanya dari konsumen namun juga para pelaku UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) yang membutuhkan layanan pengiriman profesional," kata Managing Director Lalamove Indonesia Andito B Prakoso, Kamis (14/12). 

Peningkatan jumlah acara akhir tahun ini sejalan dengan perkiraan data Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), yang meramal industri logistik Indonesia akan tumbuh sebesar 5% hingga 8% pada tahun 2023. 

"Menjelang akhir tahun, tradisi pertemuan keluarga tahunan menjadi momen yang penting. Tantangan umum yang dihadapi pada momen perayaan ini berkisar pada efisiensi transportasi berbagai kebutuhan logistik, terutama untuk keperluan dekorasi, katering dan lain-lain," tuturnya.