Karpet merah bagi investor asing di China

Dalam Kongres Partai Komunis China di Beijing pada Rabu (18/10), Presiden China Xi Jinping berpidato akan fokus mereformasi sektor keuangan

Di depan anggota Partai Komunis China, Presiden Xi Jingping mengemukakan gagasan terkait agenda ekonomi ke depan. Sejumlah agenda ekonomi dijabarkannya dengan harapan pertumbuhan ekonomi negara tembok besar ini akan mencapai kecepatan dan kualitas tertinggi.

China bakal mendorong reformasi pasar yang berorientasi pada pasar nilai tukar valuta asing.  Plus, sistem keuangan. Kali ini China juga akan membiarkan pasar memainkan peran dalam menentukan dalam alokasi sumber daya. "China akan membuka pintu investasi selebar mungkin kepada investor asing," tukas Xi dikutip Reuters

Selain itu, Xi juga berjanji akan meregulasi sejumlah peraturan dan praktik yang dinilai menghambat pasar. Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan persaingan yang lebih sehat. 

Pengembangan perusahaan swasta dan merangsang vitalitas semua jenis entitas pasar juga menjadi fokus kerja Xi Jinping. Meski menyatakan dukungan untuk reformasi pasar dan perusahaan swasta, Xi meminta perusahaan negara bisa menjadi lebih kuat dan lebih besar.

China juga akan mempromosikan penguatan, peningkatan dan perluasan modal negara. Caranya dengan berusaha untuk mencegah hilangnya aset negara.