Jasa maklon di balik cantiknya industri kosmetik

Sejumlah brand besar kosmetik dan skincare menggunakan jasa maklon untuk mengembangkan bisnisnya.

Ilustrasi Alinea.id/Firgie Saputra.

MS GLOW, jenama skincare yang belakangan namanya kian moncer. Sejak dilahirkan pada 2013 silam, merek produk perawatan kulit dan tubuh ini semakin dikenal luas oleh masyarakat karena menggencarkan pemasaran melalui reseller. Bahkan, sampai sekarang brand lokal ini telah memiliki ribuan reseller resmi, dengan pemasar di dalamnya sudah menempati berbagai posisi seperti distributor hingga agen yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Sejak awal MS GLOW hadir dan berkembang, reseller selalu menjadi bagian penting dari keluarga besar MS GLOW hingga hari ini,” kata salah satu Pendiri MS GLOW Shandy Purnamasari, dalam keterangannya, kepada Alinea.id belum lama ini.

Popularitas jenama asal Malang, Jawa Timur ini juga dirangkum perusahaan business intelligent Compas.co.id dalam laporannya, ’10 Brand Skincare Lokal Terlaris di Online Marketplace’ yang dirilis 1 November 2022. Di mana berdasarkan Compas Dashboard untuk kategori perawatan wajah, produk MS GLOW menempati posisi ketiga sebagai merek dengan penjualan terlaris pada periode April-Juni 2022, yakni mencapai Rp29,4 miliar. 

Sementara produk yang memiliki penjualan tertinggi pada posisi pertama dan kedua ditempati oleh Somethinc dan Scarlett, dengan sales revenue masing-masing Rp53,2 miliar dan Rp40,9 miliar.

Berkaca dari temuan ini, Compas pun menyimpulkan, sekarang ini memang sudah semakin banyak pilihan jenama perawatan kulit lokal dengan kualitas apik. Alasannya, karena produk-produk kecantikan lokal dibuat untuk memenuhi kebutuhan kulit masyarakat Indonesia yang sebelumnya telah mempertimbangkan berbagai kondisi, termasuk iklim tropis.