Jasa Marga catatkan rekor arus lalu lintas pada H-3 Lebaran

Manajemen lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek diyakini hanya sampai lawan arah (contraflow).

Jasa Marga mencatatkan rekor arus lalu lintas pada H-3 Lebaran 2023. Dokumentasi Jasa Marga

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatatkan rekor melayani arus lalu lintas tertinggi saat arus mudik sepanjang libur Lebaran. Pangkalnya, 163.829 kendaraan melintasi Km 66 jalan tol Jakarta-Cikampek menuju timur pada H-3 Idulfitri 1444 H/2023 M atau Rabu (19/4).

Angka tersebut naik 201,09% dibandingkan saat norma sebesar 54.412 kendaraan atau meningkat 20,92% daripada puncak Lebaran 2022. Km 66 jalan tol Jakarta-Cikampek merupakan pertemuan lalu lintas kendaraan menuju arah trans-Jawa dan Cipularang. 

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga, Lisye Octaviana, mengklaim, kondisi lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek masih dapat dikendalikan dengan baik sekalipun volumenya meningkat signifikan. Dalihnya, perencanaan lebih matang, kesiapan teknologi lebih baik, dan koordinasi lebih intensif dengan stakeholder pada tahun ini.

"Terdapat 3 manajemen kunci manajemen arus lalu lintas mudik tahun ini. Yang pertama, adalah kesiapan dari infrastruktur jalan tol yang dilakukan oleh Jasa Marga dengan penambahan satu lajur di jalan tol Jakarta-Cikampek untuk kedua arahnya," katanya dalam keterangannya, Kamis (20/4).

"Yang kedua, penggunaan teknologi traffic counting sebagai decision support system yang mendukung keputusan pimpinan puncak di kepolisian dan Jasa Marga dalam memutuskan penanganan volume lalu lintas yang jumlahnya luar biasa. Hingga yang ketiga, koordinasi lintas sektoral yang sangat intensif dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan secara komprehensif," imbuhnya.