Jelang Iduladha, pemerintah pasok 450 sapi bebas virus PMK

Badan Pangan Nasional akan mengintensifkan mobilisiasi sapi dari sentra produksi ke konsumen.

Ilustrasi sapi. Foto: unsplash.com.

Pemerintah melalui Badan Pangan Nasional dan BUMN Holding Pangan ID FOOD Group sektor peternakan PT Berdikari terus memasok ketersediaan sapi untuk persiapan Hari Raya Iduladha. Hal itu terlihat dari pengiriman 450 ekor sapi asal Sidrap, Sulawesi Selatan ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Kepala Badan Pangan Nasional/NFA (National Food Agency) Arief Prasetyo Adi mengatakan, pihaknya akan mengintensifkan mobilisiasi sapi dari sentra produksi ke sentra konsumen. Langkah itu sebagai alternatif pemenuhan kebutuhan daging. Ada sapi hidup, ada daging sapi beku.

“Kami terus mendatangkan ketersediaan sapi untuk memenuhi kebutuhan Hari Raya Iduladha, khususnya di wilayah Jabodetabek dan Bandung Raya. Alhamdulillah hari ini kita telah menerima 450 ekor sapi," kata Arief dalam keterangan yang diterima, Senin (20/6).

Arief menyampaikan, mobilisasi ini dilakukan secara berkelanjutan. Untuk memastikan pasokan sapi dari daerah yang aman serta bebas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Bahkan, pihaknya mengurangi distribusi sapi dari daerah yang terdampak penyakit tersebut.

"Kami juga mengurangi kedatangan sapi dari daerah yang terdampak PMK," ujar Arief.