Jepang mulai produksi mobil listrik di Indonesia pada 2022

Toyota akan menjadi produsen pertama mobil listrik hibrida di Indonesia pada 2020.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melakukan pertemuan dengan jajaran direksi Toyota Motor Corporation di Tokyo, Rabu malam (29/5) waktu setempat. / Kementerian Perindustrian

Pelaku industri otomotif Jepang menyatakan siap untuk memproduksi mobil listrik di Indonesia. Deputy CEO Toyota Corp. Susumu Matsuda mengatakan Toyota bersama Daihatsu akan memproduksi mobil listrik hibrida di Indonesia pada tahun 2022. Jenisnya antara lain SUV dan MPV. 

“Kami menilai, kedua jenis tersebut yang akan lebih diminati konsumen di Indonesia. Kami sedang mempersiapkan produksinya,” tutur Matsuda dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (30/5).

Untuk memasarkan kendaraan listrik, pihaknya juga akan fokus dengan pengembangan teknologinya di Indonesia. “Hal ini untuk memberikan pelayanan utama kepada konsumen kami, sesuai budaya perusahaan, agar mereka praktis menggunakan kendaraan listrik,” ujarnya.

Toyota juga memberikan apresiasi kepada Indonesia terhadap pelaksanaan studi mobil listrik dengan para pemangku kepentingan termasuk menggandeng perguruan tinggi. 

“Hasil dari penelitian tersebut, bahwa mobil hibrida dapat mengurangi konsumsi bensin hingga setengahnya. Ini menjadi salah satu solusi yang cukup realistis,” katanya.