Jepara jadi primadona baru investasi asing di Jawa Tengah

Jepara menjadi wilayah dengan realisasi investasi terbesar di Jawa Tengah sepanjang kuartal I-III pada 2022. 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Ajang Central Java Investment Business Forum (CJIBF) 2022, Rabu (9/11/2022). Foto Pemprov Jawa Tengah

Jawa Tengah (Jateng) memiliki wilayah baru yang menjadi primadona di mata investor. Wilayah tersebut adalah Kabupaten Jepara yang tidak hanya menjadi tujuan utama investasi asing, tetapi juga merupakan wilayah dengan realisasi investasi terbesar di Jawa Tengah sepanjang kuartal I-III pada 2022. 

"Saya juga heran kalau ternyata Kabupaten Jepara mengundang banyak orang datang ke sana. Kawan-kawan saya investor dari Korea Selatan banyak sekali yang ke sana," ucap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam sambutannya di acara Central Java Investment & Business Forum (CJIBF) 2022, Rabu (9/11).

Jika dilihat dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), Ganjar mengungkapkan ada dua wilayah yang menjadi unggulan di Jawa Tengah, yaitu Kota Semarang dan Kabupaten Demak. 

Menurut Ganjar, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan Jawa Tengah masih menjadi primadona tujuan investasi. Salah satunya adalah banyaknya kawasan industri yang beroperasi di wilayah tersebut. 

"Kawasan industri ini yang sebenarnya sudah siap untuk tinggal kita jual saja. Mumpung ada kawan-kawan bupati dan wali kota, saya minta tolong betul. Satu, dijaga kemudahannya karena itu jadi insentif. Kedua, dijaga agar jangan sampai ada pungutan liar (pungli)," tegas Ganjar.