Jokowi bangun 56 Bank Wakaf Mikro untuk warga pesantren

Dana bantuan pinjaman yang disalurkan Bank Wakaf Mikro mencapai Rp34 miliar.

Presiden Jokowi berdialog dengan warga saat Peluncuran Bersama Bank Wakaf Mikro “APIK KALIWUNGU DAN AL FADLLU KENDAL”, di Pondok Pesantren APIK, Kabupaten Kendal, Jateng, Senin (30/12/2019). Dokumentasi Sekretariat Kabinet/JAY.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan pemerintah telah membangun 56 Bank Wakaf Mikro di pondok-pondok pesantren yang ada di tanah air. Jokowi berharap bank ini bisa menjadi sumber pendanaan bagi warga di sekitar pesantrean yang ingin membesarkan usaha.

“Jangan sampai pinjamnya ke rentenir, hati-hati, nggih. Setop. Sekarang sudah ada Bank Wakaf Mikro,” kata Presiden Jokowi saat peluncuran Bank Wakaf Mikro di Pondok Pesantren APIK, Kendal, Jawa Tengah, Senin (30/12), dilansir dari laman setkab.go.id.

Menurut Jokowi, ke-56 Bank Wakaf Mikro itu telah menjangkau 25.000 usaha mikro dan usaha kecil. Sedangkan dana bantuan pinjaman yang disalurkan mencapai Rp34 miliar.

“Tadi Pak Ketua OJK (Otoritas Jasa Keuangan) juga sudah menyampaikan, sudah disiapkan lagi kurang lebih 50 Bank Wakaf Mikro yang akan dibuka. Ini patut kita syukuri, alhamdulillah,” ungkap Jokowi. 

Presiden juga menegaskan, Bank Wakaf Mikro ini tidak memakai agunan atau jaminan. Artinya, yang mendapatkan bantuan pinjaman itu adalah dipercaya.