Jurus Sandiaga lejitkan sektor pariwisata

Awal 2021 merupakan momentum pemulihan sektor pariwisata.

Menparekraf, Sandiaga Uno, saat memimpin rapat di Kemenparekraf, DKI Jakarta. Twitter/@sandiuno.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata harus sejalan dengan upaya penekanan penularan virus Covid-19, serta meningkatkan kapasitas 3T (testing, tracing, treatment).

“Setelah sektor kesehatan pulih, maka ada akselerasi pemulihan berbagai sektor, terutama pariwisata dan ekonomi kreatif. Skenario pemulihan dan keseimbangan ini harus berjalan secara simultan sehingga kita bisa mendapatkan rebound,” ujarnya dalam Jumpa Pers Akhir Tahun 2020 bertema “Gerak Cepat untuk Bangkit Bersama”, Selasa (29/12).

Awal 2021, lanjut Sandi, merupakan momentum pemulihan sektor pariwisata. Untuk itu kementeriannya akan merancang kembali kebangkitan sektor pariwisata tanpa menunggu vaksin.

“Kita ada upaya 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) dan K4 (kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan) di sektor pariwisata, tetapi harus diterapkan secara disiplin,” katanya.

Turut hadir dalam jumpa pers tersebut, Wakil Menteri (Wamen) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), Angela Tanoesoedibjo menjelaskan tiga strategi untuk mencapai kebangkitan sektor pariwisata yaitu inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.