Kalbe Genexine Biologics dapat investasi Rp775 miliar dari General Atlantic

Dana investasi GA akan digunakan oleh KGBio untuk pembiayaan uji klinik produk-produk biologi.

PT Kalbe Genexine Biologics (KGBio) mendapatkan investasi US$55 juta dari General Atlantic. Foto dokumentasi Corporate Communication Kalbe Farma

Perusahaan finansial investor global dari Amerika Serikat General Atlantic (GA), akan melakukan investasi sebesar US$55 juta atau setara Rp775 miliar (kurs Rp14.091/US$) sebagai modal inti (primary capital) kepada PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF) melalui salah satu anak usahanya, PT Kalbe Genexine Biologics (KGBio).

Presiden Komisaris Kalbe Farma Irawati Setiady dalam keterangan resminya mengatakan, dana investasi GA akan digunakan oleh KGBio untuk pembiayaan uji klinik produk-produk biologi, inovasi dan perluasan portofolio produk KGBio, serta peningkatan kapasitas fasilitas produksi.

“Obat biologi merupakan salah satu pendorong pertumbuhan Kalbe. KGBio sebagai perusahaan yang berbasis R&D, menyediakan produk biologi dan imun onkologi yang inovatif, serta produk biosimilar yang memberikan solusi terbaik untuk terapi pengobatan," kata Irawati, Rabu (27/1).

Obat biologi merupakan kategori yang penting dalam pengembangan obat selama 20 tahun terakhir, khususnya imun onkologi yang menjadi fokus KGBio. KGBio telah meningkatkan kemampuan dalam pengembangan obat (uji klinik) dan produksi, serta memanfaatkan kekuatan distribusi dan jaringan Kalbe Grup, untuk memperluas portofolio obat biologi di Asia Tenggara.

“Kami menyambut baik kesempatan untuk bekerja sama dengan General Atlantic, sebagai salah satu perusahaan finansial investor global, khususnya untuk pengembangan life science,” ujar Irawati.