KEIN : Target pertumbuhan ekonomi 5,3% moderat

Tiga sektor yang mesti digenjot untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 5,3% adalah konsumsi rumah tangga, impor yang produktif, dan investasi.

Pekerja menyelesaikan pengecatan jembatan penyeberangan orang (JPO) dengan latar belakang gedung bertingkat di kawasan Senayan Jakarta, Jumat (13/7)/AntaraFoto

Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) optimis target pertumbuhan ekonomi 5,3% yang dicetuskan pemerintah bisa tercapai. Wakil Ketua KEIN Arif Budimanta mengatakan target ini moderat untuk kondisi ekonomi nasional saat ini.

"Jika pemerintah membangun sinergi dengan dunia usaha, investasi pasti tidak tersendat. Kami yakin ekonomi Indonesia mampu tumbuh lebih dari 5,3% di 2019. Tapi sebagai acuan menyusun rancangan anggaran, target itu moderat," kata Arif di Jakarta, Senin (20/8).

Ada tiga sektor yang mesti digenjot untuk menghasilkan pertumbuhan ekonomi seperti yang diharapkan.  Pertama, mendorong konsumsi rumah tangga. Porsi konsumsi ini berkontribusi 60% terhadap produk domestik bruto (PDB).

"Untuk mencapai itu kita harus menjaga daya beli masyarakat karena hampir konsumsi rumah tangga berkontribusi terhadap PDB dan ini datang dari dalam negeri," katanya.

Kedua, mendorong impor yang produktif, atau bahan baku yang bisa menghasilkan produk berkualitas dan bernilai tinggi. Jika impor bisa produktif, maka neraca perdagangan akan seimbang (balance).