Kemenangan Biden bawa peluang kerja sama sektor kesehatan

Pemerintah optimistis kemenangan Partai Demokrat AS bakal memberikan manfaat sebesar-besarnya ke rakyat Indonesia.

Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden berpartisipasi dalam peringatan Hari Veteran di Philadelphia Korean War Memorial di Penn's Landing, Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, Rabu (11/11/2020). Foto Antara/REUTERS/Jonathan Ernst/WSJ/cfo.

Kemenangan calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat Joe Biden, diyakini akan membawa perubahan pada pola hubungan luar negeri AS dengan Indonesia.

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Budi Gunadi Sadikin mengatakan Indonesia telah terbiasa hidup dengan Presiden AS, baik dari Partai Demokrat maupun Partai Republik. Pemerintah akan memastikan kemenangan Partai Demokrat bakal memberikan manfaat sebesar-besarnya ke rakyat dan negara Indonesia.

Dengan kemenangan Demokrat, dia memprediksi banyak program kerakyatan yang bisa dijajaki Indonesia dengan AS. 

"Beberapa hal positif, biasanya Demokrat sifatnya lebih ke kerakyatan. Jadi untuk aktivitas kerja sama yang sifatnya kerakyatan, terpilihnya Biden lebih baik," kata Budi dalam CEO Networking, Selasa (24/11).

Budi mencontohkan, program kerakyatan seperti Medicare didorong pada era Partai Demokrat berkuasa. Sekedar informasi, Mediacare merupakan program asuransi kesehatan nasional di Amerika Serikat yang dimulai pada tahun 1966 di bawah Administrasi Jaminan Sosial (SSA) dan sekarang dikelola oleh Pusat Layanan Medicare dan Medicaid (CMS).