Kemenparekraf akan kembangkan pariwisata Raja Ampat

Langkah ini menindaklanjuti arahan Menko Marves, Luhut Pandjaitan.

Raja Ampat, Papua. Pixabay

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bakal meningkatkan infrastruktur Raja Ampat. Langkah ini dilakukan untuk menggeliatkan sektor pariwisata di salah satu destinasi di Papua tersebut.

Alasan berikutnya, sesuai arahan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Pandjaitan, yang telah mengunjungi Raja Ampat pada pekan lalu.

"Ini menyikapi beberapa masukan. Kami sudah melakukan langkah-langkah strategis agar Raja Ampat ini menjadi destinasi berikutnya yang berkualitas tinggi," ujar Menparekraf, Sandiaga Uno, dalam Weekly Press Briefing, Senin (15/8).

Sandi menerangkan, ada beberapa fasilitas penunjang yang bakal ditingkatkan guna mendukung pengembangan pariwisata Raja Ampat. Fasilitas air minum, akselerasi pembangunan jalan trans-Papua, dan fasilitas di bandara, misalnya.

Di sisi lain, politikus Partai Gerindra ini mengklaim, Festival Golo Koe Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), berjalan sukses lantaran berhasil meningkatkan pariwisata setempat. Kegiatan berlangsung selama 8-15 Agustus 2022.