Kementan dorong korporasi petani bawang merah di Kulon Progo

Korporasi petani mulai digairahkan di berbagai daerah oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Bupati Kulon Progo Sutedjo, saat melakukan panen raya bawang merah di sentra Srikayangan, Sentolo, Senin (19/10/2020). Foto Humas Kementan

Kulon Progo tercatat sukses menjadi salah satu sentra penghasil bawang merah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta bahkan nasional. Kawasan tersebut akan didorong untuk tumbuhnya korporasi petani bawang merah.

Korporasi petani mulai digairahkan di berbagai daerah oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Menurutnya, korporasi petani akan meningkatkan nilai tambah, daya saing, mengembangkan produk turunan dan meningkatkan kesejahteraan petani itu sendiri dalam menghadirkan pertanian yang maju, mandiri dan modern.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo terus mendorong pengembangan korporasi petani dan nelayan yang diharapkan dapat membangun proses bisnis dari hulu ke hilir. 

Varietas bawang merah yang banyak dikembangkan di Kulon Progo yaitu Tajuk dan varietas lokal Srikayang yang telah terdaftar di Kementerian Pertanian. 

Bupati Kulon Progo Sutedjo, saat melakukan panen raya bawang merah di sentra Srikayangan, Sentolo, Senin (19/10) menyampaikan, panen kali ini sangat menggembirakan petani.