Kementerian PUPR mulai konstruksi 2 proyek SPAM untuk warga DKI

SPAM Regional Jatiluhur I akan menyediakan pasokan air minum sebesar 4.750 liter/detik.

Kementerian PUPR bersama Kemendagri dan Pemprov DKI Jakarta melalui MoU “Sinergi Dan Dukungan Penyelenggaraan SPAM Di Provinsi DKI Jakarta” yang disaksikan Menko Marves Luhut B. Pandjaitan di Kantor Kemenko Marves, Senin (3/1/2022). Foto humas Kemenko Marves.

Dalam rangka meningkatkan akses air minum aman bagi masyarakat DKI Jakarta dan wilayah sekitarnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memulai konstruksi dua Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dengan skema kerja sama antara Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) di 2022. 

Adapun dua SPAM tersebut yakni SPAM Regional Jatiluhur I (SPAM Jatiluhur) memanfaatkan air baku dari Bendungan Jatiluhur, di Provinsi Jawa Barat melalui Saluran Tarum Barat, dan SPAM Regional Karian-Serpong, memanfaatkan air baku dari Bendungan Karian di Provinsi Banten.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, SPAM Regional Jatiluhur I akan menyediakan pasokan air minum sebesar 4.750 liter/detik, yang akan didistribusikan kepada sekitar 380.000 sambungan rumah (SR) atau sekitar 1,9 juta jiwa yang ada di Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat yakni Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Karawang. 

“Ini sumbangan yang tidak sedikit untuk melayani air bersih dan menjamin kualitas air yang lebih baik," kata dia dalam keterangan tertulisnya dikutip Alinea.id, Sabtu (26/2).

Saat ini kata Basuki, untuk Kementerian PUPR sudah melakukan beberapa pembangunan di bidang air minum melalui KPBU misalnya SPAM Umbulan, Semarang Barat, dan Bandar Lampung.