Ketakutan akan vaksin menurun, 95% pedagang pasar sudah divaksinasi

Para pedagang pasar diinformasikan dan tahu bahwa vaksinasi itu perlu. Padahal di awal pandemi, ada begitu banyak informasi palsu.

Ilustrasi pedagang pasar. Foto Shutterstock

Keraguan masyarakat terhadap keamanan dan kemanjuran vaksin Covid-19 sudah berkurang. Salah satu buktinya adalah sebagian besar pedagang mau divaksinasi. 

Sekjen Asosiasi Pedagang Pasar Indonesia (Asparindo) Suhendro mengatakan sekitar 95% pedagang pasar di seluruh Indonesia sudah divaksinasi 1 dan 2.  

Menurutnya, para pedagang pasar diinformasikan dan tahu bahwa vaksinasi itu perlu. Padahal di awal pandemi, ada begitu banyak informasi palsu tentang vaksinasi.

"Kemudian kami melakukan (vaksinasi) pilot di beberapa pasar, dan hari pertama banyak yang tidak datang. Baru pada hari ke 5 dan seterusnya, pedagang pasar baru mau melakukan vaksinasi. Ini terjadi karena hoaks yang memang sangat banyak sekali di awal-awal vaksinasi,” kata Suhendro, dalam Webinar Survei Keraguan & Kekhawatiran Masyarakat atas Vaksin Covid-19 Menurun, Rabu (26/1). 

Secara umum tren positif tersebut membuat cakupan vaksinasi pada kalangan pedagang pasar membaik. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan cakupan vaksinasi pada survei tahap 1 (baru 32,4% responden yang melengkapi dosis vaksin kedua) dan survei tahap 2 (78,2% responden yang melengkapi dosis kedua) dari rangkaian Survei Informasi dan Kesediaan Vaksinasi Katadata Insight Center.