close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
KAI Daop 1 Jakarta terus membuka layanan vaksinasi Covid-19 di Stasiun Gambir dan Senen guna memfasilitas pemudik. Alinea.id/Aisya Kurnia
icon caption
KAI Daop 1 Jakarta terus membuka layanan vaksinasi Covid-19 di Stasiun Gambir dan Senen guna memfasilitas pemudik. Alinea.id/Aisya Kurnia
Bisnis
Minggu, 16 April 2023 21:04

Fasilitasi pemudik, KAI terus buka layanan vaksinasi Covid-19 di Stasiun Gambir dan Senen

Sejak Rabu (12/4) hingga hari ini, Minggu (16/4), sekitar 1.015 penumpang memanfaatkan layanan vaksinasi Covid-19 di stasiun.
swipe

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta membuka layanan vaksinasi Covid-19 guna memfasilitasi para pemudik yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir pada masa mudik dan balik Lebaran 2023. Sejak Rabu (12/4) hingga hari ini, Minggu (16/4), sekitar 1.015 penumpang telah memanfaatkan layanan tersebut.

"[Layanan vaksin Covid-19 ada] seterusnya. Kalau vaksin memang semenjak pandemi enggak pernah setop, ada terus di Pasar Senen karena kita memang kerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes)," ucap Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa.

Layanan vaksinasi Covid-19 di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir buka setiap hari mulai pukul 08.00-12.00 WIB. Jenis vaksin yang digunakan menyesuaikan stok Dinkes Jakarta.

"Dinkes itu kan nanti dia tinggal mengoordinasikan lewat puskesmas ini, ya. Lewat Puskesmas itu, ya, karena ketersediaan vaksin [Covid-19], kan, sekarang juga lagi ini, ya, [terbatas] katanya," tuturnya.

Sebagai informasi, KAI masih mewajibkan kelengkapan vaksinasi Covid-19 bagi calon penumpang sebagai syarat perjalanan kereta api jarak jauh. Jika tak memenuhi syarat minimal vaksin, KAI bakal membatalkan keberangkatan atau perjalanan calon penumpang.

"Kalau ada yang kedapatan pada saat pemeriksaan tiket atau boarding ternyata ada persyaratan yang tidak dapat dipenuhi, salah satunya vaksin, maka perjalanannya tidak dapat dilanjutkan. Dan yang bersangkutan akan diarahkan oleh petugas untuk melakukan proses pembatalan tiket," paparnya.

Calon penumpang yang ingin mendapatkan vaksin Covid-19 di stasiun diharapkan tidak melakukan vaksinasi bersamaan dengan jadwal keberangkatan. Setidaknya H-1 jadwal keberangkatan.

"Persiapkan perjalanannya dengan baik. Satu hari sebelum jadwal keberangkatan diperiksa kembali bahwa semua data dan persyaratan sudah dapat dipenuhi," ujar Eva.

Artikel ini ditulis oleh :

img
Fatah Hidayat Sidiq
Reporter
img
Fatah Hidayat Sidiq
Editor
Bagikan :
×
cari
bagikan