Erick Thohir: Keuangan syariah tahan banting hadapi krisis

Erick Thohir mendorong terbentuknya ekosistem ekonomi syariah.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Foto Antara.

Ketua Umum Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Erick Thohir meminta MES dapat menjadi wadah ekosistem ekonomi syariah bagi seluruh pemangku kepentingan serta memutus dikotomi sektor keuangan syariah dan sektor riil.

"Kami ingin mendorong terbentuknya ekosistem ekonomi syariah yang efektif sehingga tidak perlu terjadi lagi yang namanya dikotomi sektor keuangan dan perbankan syariah dengan sektor riil," katanya Senin (22/3).

Dia juga meminta jajaran pengurus MES segera menyusun rencana program kerja yang efektif, memberikan solusi, dan berdampak besar bagi perekonomian nasional.

Erick menyebut sektor keuangan dan perbankan syariah memiliki peran penting bagi bangsa karena punya daya tahan dalam menghadapi berbagai situasi krisis. Menurutnya, kehadiran sebuah ekosistem ekonomi syariah merupakan keharusan mengingat Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

"Kita berkaca dari situasi krisis sebelumnya, terbukti sektor ekonomi syariah memiliki kekuatan besar dalam menghadapi krisis tersebut," ucapnya.