KKP jajaki kemitraan untuk peningkatan konservasi di Anambas

Perlu dukungan dari berbagai pihak agar pengelolaan KKPN TWP Anambas semakin baik.

Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, DKI Jakarta, November 2018/Google Maps Dede Diaz Abdurahman

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menjajaki pembentukan kemitraan dengan Bawah Anambas Foundation (BAF) guna meningkatkan efektivitas pengelolaan Kawasan Konservasi Perairan Nasional (KKPN) di Taman Wisata Perairan (TWP) Kepulauan Anambas.

Kemitraan ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 21/2015 tentang Kemitraan Pengelolaan Kawasan Konservasi Perairan yang salah satunya melibatkan masyarakat melalui kegiatan kemitraan.

Kepala Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru, Fajar Kurniawan menjelaskan kerja sama dengan mitra sangat diperlukan dalam rangka mengoptimalkan dan meningkatkan efektivitas pengelolaan KKPN TWP Anambas. 

“Perlu kerja sama dan dukungan dari berbagai pihak agar pengelolaan KKPN TWP Anambas semakin baik," katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (13/6).

Fajar berharap kerja sama ini dapat dituangkan dalam dokumen perjanjian kemitraan yang akan disepakati kedua belah pihak. Karenanya, LKKPN Pekanbaru bersama BAF memulai penyusunan rancangan perjanjian kemitraan dengan membahas rencana kerja tahunan (RKT) yang akan menjadi dasar pelaksanaan kemitraan.